Headlines News :

Tahapan Car Free Night Malam Ini

Written By Mediaatas on Senin, 31 Desember 2012 | 19.15

Suasana di Jalan Jenderal Sudirman (Foto: Heru/Okezone)
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan malam bebas kendaraan (car free night) pada malam pergantian tahun, Senin (31/12/2012) malam.

Menurut Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Wahyono, ruas yang akan diberlakukan car free night meliputi Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Adapun tahapan dari car free night sendiri adalah:

1. Pukul 16.00 WIB: Pembatasan kendaraan secara selektif yang akan melintas di Jalan Sudirman-Thamrin.

2. Pukul 18.00 WIB: Penutupan ruas Jalan Sudirman dari Bundaran Senayan-Patung Jenderal Sudirman pada jalur cepat diganti menjadi Jalur lambat, karena sedang proses pembangunan panggung hiburan.

3. Pukul 19.00 WIB: Penutupan arus lalu lintas mulai dari Bundaran Senayan Jalan Sudirman (jalur cepat dan lambat)-Jalan Thamrin (Bundaran Air Mancur/Patung Kuda).

4. Pukul 20.00 sampai 02.00 WIB: Penutupan secara total ruas Jalan Sudirman- Thamrin (Pelaksanaan Jakarta Festival Night/Jakarta car free night).

5. Pukul 02.00 WIB: Ruas Jalan Sudirman-Thamrin dibuka secara normal dan secara selektif untuk memberikan kesempatan penyelenggara hiburan panggung dan pengunjung mempersiapkan diri untuk membubarkan diri.

6. Pukul 02.30 WIB: Imbauan untuk segera meninggalkan ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

Wahyono menambahkan, khusus untuk kendaraan SNG (Satelite News Gatering) dari Pers akan disiapkan pada ruas Jalan Imam Bonjol atau di belakang Panggung Hiburan Utama dekat Hotel Mandarin.

"Masyarakat yang akan hadiri giat di hotel/tempat hiburan sepanjang Sudirman-Thamrin masih diberikan akses masuk secara selektif," ungkap Wahyono melalui keterangan tertulisnya.

Waspada Curanmor Saat Malam Tahun Baru!

Ilustrasi (Foto: Okezone)
JAKARTA - Kejahatan dan tindak kriminal akan terus ada, meskipun dalam perayaan Tahun Baru. Khusus di Jakarta Selatan, tindakan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan satu hal yang mendapat pengawasan lebih.

Kasubag Polres Jakarta Selatan Kompol Aswin mengatakan, hal yang menonjol dalam perayaan Tahun Baru kali ini adalah pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan perkelahian antar warga.

"Malam Tahun Baru kita fokusnya keramaian masyarakat. Yang kita khawatirkan biasanya ada curanmor, perkelahian antar warga itu yang dicegah dan diimbau," kata Aswin di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Senin (31/12/2012).

Selain gangguan keamanan dan ketertiban ini, Aswin juga mengingatkan kembali kepada warga untuk merayakan perayaan tahun baru dengan kondusif dan aman. "Ingat kembang api boleh, petasan yang enggak boleh," ujarnya.

Sejumlah pos pengamanan juga ditempatkan di beberapa titik untuk mengawasi keamanan warga yang merayakan malam pergantian tahun. Di antaranya:
  1. Jalan Sudirman, 
  2. Jalan Cipete Raya, 
  3. Jalan Panglima Polim, 
  4. Jalan Pasar Minggu 
  5. dan Pondok Indah.

Polres Depok Antisipasi Delapan Titik Kemacetan di Malam Tahun Baru

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
DEPOK - Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Kristanto Yoga menyebutkan, terdapat delapan titik kemacetan di Kota Depok yang belum teratasi sampai sampai saat ini.

Titik kemacetan tersebut yakni:
  1. Jalan Raya Sawangan,
  2. Jalan Raya Citayam, 
  3. Jalan Tole Iskandar, 
  4. Jalan Merawan, 
  5. Jalan Gandul, 
  6. Jalan Cinangka, 
  7. Jalan Pangkalan Jati 
  8. dan Jalan Margonda.

Umumnya, kepadatan lalu lintas terjadi di dua waktu berbeda, yaitu pukul 07.00-08.00 dengan volume kendaraan 6.099 kendaraan dan pukul 15.00-22.00 dengan rata-rata volume 7.045 kendaraan.

Kemacetan dominan terjadi di sembilan titik. Sedangkan pada akhir pekan kemacetan merata di seluruh Depok dimulai pukul 09.00-22.00. "Kalau pagi biasanya yang ke Jakarta untuk bekerja dan aktivitas sekolah. Sedangkan kalau akhir pekan aktivitas dimulai sejak pagi,"

Himbauan agar masyarakat menghindari melakukan konvoi atau arak-arakan menggunakan kendaraan bak terbuka, naik di atas kap dan sepeda motor bergerombol.

"Jika masih terdapat hal tersebut, maka akan dilakukan penindakan menggunakan tilang oleh petugas di lapangan. Jadilah Pelopor Keselamatan berlalu lintas, dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," tandasnya.

Truk Pengangkut Mobil Terperosok di Jembatan

Truk Pengangkut Mobil Terperosok di Jembatan Tua
Polewali Mandar - Sebuah truk fuso yang mengangkut enam unit mobil terperosok di jembatan Tubo kilometer 74, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Akibatnya, ratusan kendaraan dari Mamuju dan Palu menuju Makassar dan sebaliknya, terjebak macet sepanjang dua kilometer lebih. Ratusan warga yang akan merayakan malam pergantian tahun baru di makassar terancam tidak bisa tiba tepat waktu.

Sejumlah warga mengaku, jembatan Tubo yang hanya memiliki lebar 3 meter dan sudah berumur puluhan tahun ini tidak layak lagi untuk dilalui kendaraan, terutama yang berukuran lebar dan panjang. Namun karena tidak ada jalur alternatif, rentetan kecelakaan pun kerap terjadi di wilayah ini dan tak jarang mengakibatkan korban jiwa.

Sebelumnya, di lokasi ini sebuah bus pernah terjun ke sungai hingga belasan penumpangnya tewas. "Jembatannya sudah tua dan memang tidak layak lagi dilalui kendaran terutama angkutan besar," ujar Hanafi, warga Desa Tubo.

Tidak adanya alat berat yang diterjunkan untuk membantu proses evakuasi truk yang terperosok ini, membuat proses evakuasi berjalan lambat. Untuk menghindari antrean panjang kendaraan dari arah Palu menuju Makassar, polisi terpaksa memberlakukan sistem buka tutup satu arah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kembali kecelakaan lantaran kondisi jembatan sudah rusak dan nyaris roboh.

Jalan di Makassar Macet Akibat Parkir Liar

Jalan di Makassar Macet Akibat Parkir Liar
Makassar - Sepanjang tahun 2012, permasalahan paling krusial di Kota Makassar adalah kemacetan arus lalu lintas. Diharapkan di tahun 2013, kemacetan bisa teratasi asalkan jalanan dikembalikan sesuai fungsinya.

Hal itu diungkapkan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan Makassar, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI, Rahman Djamil. Menurut Rahman, salah satu penyebab kemacetan di Kota Makassar adalah parkir liar di badan jalan. Parkir yang semerawut menyebabkan jalan menyempit dan arus kendaraan melambat.

"Saya berharap, di tahun 2013 mendatang, fungsi jalan di kembalikan. Dimana fungsi jalanan sebenarnya adalah pergerakan kendaraan. Bukan tempat kendaraan yang diam atau parkir di badan jalan maupun pinggir jalan. Jika fungsi kendaraan dikembalikan, insya Allah kemacetan bisa teratasi sedikit," katanya.

Untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas di Kota Makassar, perlu komitmen semua pihak, terutama masyarakat. Komitmen tersebut harus dipatuhi bersama untuk kepentingan orang banyak.

"Semua instansi terkait seperti Pemerintah Kota Makassar, Satuan Lalu Lintas Polrestabes Makassar, dan Dinas Perhubungan harus bersinergi dan maksimal dalam menjalankan tugasnya. Tentunya, permasalahan itu bisa teratasi sedikit," papar Rahman.

Saat ditanya soal median jalan yang memperparah kemacetan di Kota Makassar, Rahman menegaskan hal itu tidak bermasalah. Menurutnya, median jalan dibuat untuk mengatur arus kendaraan yang melambat maupun yang melaju. Selain itu juga, median jalan ini bisa mengatasi kesemerawutan arus lalu lintas yang biasanya disebabkan oleh angkutan umum (petepete) dan truk yang beroperasi di siang hari.

"Kami sudah membuatkan median jalan, sesuai dengan kesepakatan instansi terkait, yakni Dinas Perhubungan, dan Satuan Lalu Lintas. Mengenai tidak adanya sosialisasi sebelum median jalan dibuat, itu merupakan tugas Dishub Provinsi Sulsel," katanya.

Menurutnya, akibat kurangnya sosialisasi dari Dishub Provinsi Sulawesi Selatan, masyarakat tidak memahami fungsi median jalan itu.

"Dulunya, sebelum ada median jalan, petepete berada di lajur kanan. Tapi tiba-tiba saja dia memotong jalan menepi, karena menaikkan dan menurunkan penumpang. Demikian pula dengan truk, masa digabungkan antara kendaraan kecil dengan besar. Tentunya, itu rentan kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Rahman berharap, di tahun depan, Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas bisa mengambil tindakan tegas terhadap kendaraan yang parkir di tepi jalan hingga di badan jalan. "Saya berharap, polisi maupun Dishub langsung menilang maupun mencabut izin kendaraan yang parkir di jalanan," pintanya.

Titik-titik Lokasi Parkir di Acara CFN Jakarta


Berdasarkan rilis Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (31/12/2012), anda dapat memarkirkan kendaraan di tempat-tempat berikut :
  1. Lapangan IRTI di seberang Balai Kota DKI Jakarta, Jl. Medan Merdeka Selatan.
  2. Parkir Timur Senayan
  3. Gelora Bung Karno
  4. Masjid Istiqlal
  5. Lapangan Banteng, Jl. Lapangan Banteng.
Penutupan arus lalu lintas di sekitar lokasi akan dilakukan pada tanggal 31 Desember 2012 mulai pukul 20.00 WIB. puncak perayaan malam tahun baru 2013 ini akan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi hiburan kesenian daerah. Pemda DKI rencananya akan mempersiapkan 16 panggung hiburan.

jalur yang dapat dilalui untuk menuju tempat-tempat parkir tersebut diantaranya :
  1. Untuk menuju lapangan parkir IRTI Monas : Melalui Jalan Medan Merdeka Barat kemudian belok ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan.
  2. Lapangan Parkir Polda Metro Jaya : Melalui Jalan Gatot Soebroto atau Jalan Senopati kemudian masuk kawasan SCBD Senayan.
  3. Parkir Timur Senayan : Melalui Jalan Gatot Soebroto atau Jalan Asia Afrika kemudian belok ke arah Gerbang Pemuda.
  4. Untuk menuju ke kantung parkir di gedung-gedung atau mal-mal dapat dicapai dengan melalui jalan yang terdekat dengan lokasi.

Setahun, NTMC Polri Nge-twit 17 Juta Info


Jumlah informasi yang dilansir oleh NTMC itu menggungguli Div Humas Polri.

Meskipun didera kasus korupsi dalam pengadaan simulator SIM yang bahkan menyeret beberapa pejabatnya, namun masih ada sisi positif layanan Korps Lalu Lintas (Korlantas) selama 2012 yang dibanggakan dan dibeberkan oleh Mabes Polri dalam press rilis akhir tahun.

"Dalam Kompetisi Pelayanan Public Open Government Indonesia yang dilaksanakan oleh UKP4, Korlantas Polri, khususnya unit pelayanan National Traffic Management Centre (NTMC), masuk 10 besar terbaik instansi pemerintah pelayan publik," kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo dalam rilis akhir tahunnya di Mabes Polri.

Pada tahun 2012, NTMC Polri telah nge-twit informasi lalu lintas kepada masyarakat melalui twiter sebanyak 17,08 juta twit, 55 ribu informasi melalui facebook, 13 ribu melalui SMS Centre, 3.800 melalui website, dan 18 ribu melalui radio online.

Sebagai perbandingan, jumlah informasi yang dilansir oleh NTMC itu menggungguli Div Humas Polri yang sampai Desember 2012 hanya melansir berita sebanyak 21 ribu, 2400 press rilis, dan 10 ribu lebih dokumen berkala.

Div Humas Polri sebenarnya juga melakukan sharing informasi melalui jejaring sosial seperti twiter yang kini memliki 45.100 follower, facebook yang memiliki 61.691 follower, dan facebook.

Beberapa penghargaan pun telah diterima oleh 13 Polda atas pelayanan STNK yang diganjar Sertifikat ISO 9001 : 2000. Sertifikat yang sama juga diberikan atas pelayanan SIM di 6 Polda.

Korlantas juga terbilang sukses untuk mengkampanyekan slogan "Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalulintas dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan."

Buktinya, meski jumlah kendaraan bermotor meningkat, tapi kecelakaan lalu lintas ditahun 2012 ini hanya 109.038 kasus atau menurun 738 kasus dibandingkan tahun 2011.

Jumlah korban meninggal sia-sia di jalan pun bisa diredam sangat signifikan. Yakni menurun 6054 jiwa menjadi 25.131 ribu jiwa ditahun 2012.

Begitu pun dengan korban luka berat dan kerugian materiil yang relatif turun dibanding 2011. Yang naik hanya korban luka ringan dimana tahun ini berjumlah 118.152 orang atau naik 9.341 orang.

Kawasan Ancol Mulai Dipadati Pengunjung

Jelang Malam Tahun Baru, Kawasan Ancol Mulai Padat
Jakarta - Beberapa jam menjelang malam pergantian tahun dua lokasi wisata yang menjadi incaran warga Jakarta, kawasan Puncak dan Ancol mulai dipadati warga. Bahkan, di Ancol kemacetan sudah mulai terjadi.

Berdasarkan informasi dari situs TMC Polda Metro Jaya, Taman Impian Jaya Ancol tepatnya di pintu masuk banyak kendaraan warga Jakarta yang tidak bergerak alias terjebak kemacetan.

Sementara itu di Puncak, arus lalu lintas masih terlihat lancar. Seperti yang terlihat di kawasan Rindu Alam. Belum ada kepadatan kendaraan yang berarti.

Meskipun begitu, para pengendara baik mobil ataupun sepeda motor diimbau agar berhati-hati, karena hujan mengguyur lokasi Puncak.

Polisi Yang Berjaga di Jakarta CFN Bersepeda dan Berseptu Roda


Jakarta - Polisi bersepatu roda dan bersepeda akan dikerahkan menjaga keamanan di Jakarta Night Festival. Mereka akan berpatroli berkeliling di sepanjang ruas Thamrin-Sudirman.

"Ada anggota yang berpatroli," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto saat dikonfirmasi, Senin (31/12/2012).

Rikwanto menambahkan, penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB. Kendaraan semua akan dilarang masuk ke ruas itu. Tapi bagi masyarakat yang membawa sepatu roda dan sepeda dipersilakan masuk.

"Boleh juga masyarakat yang menggunaka sepeda dan sepatu roda," imbuhnya.

Rikwanto berharap masyarakat bisa menikmati Jakarta Night Festival. Diharapkan juga masyarakat ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

Tabrakan di Tol JORR Libatkan 4 Kendaraan


Jakarta - 4 Mobil terlibat kecelakaan beruntun di Tol JORR Tanjung Barat di Km 29 arah Pondok Indah. Tidak ada korban luka dalam insiden ini. Hanya saja, mobil yang terlibat kecelakaan itu mengalami kerusakan.

Informasi dari TMC Polda Metro Jaya, Senin (31/12/2021), kendaraan yang terlibat kecelakaan itu yakni Gran Max B 9336 UE, Avanza B 1742 BOT, Xenia B 8895 UJ, dan Rush B 1391 OF.

"Tidak menyebabkan kemacetan karena lalu lintas lancar," jelas Briptu Adi saat dikonfirmasi.

Namun sayangnya belum diketahui apa penyebab persis kecelakaan itu. Diduga karena salah satu kendaraan berhenti mendadak. "Ini masih dalam penanganan," terang Adi.

Penutupan Arus Kendaraan Juga Terjadi di Simpang 5 Semarang


Semarang - Peringatan malam pergantian tahun baru di Kota Semarang juga akan digelar meriah. Perayaan pesta tahun baru akan difokuskan pada empat titik keramaian yaitu kawasan Simpang Lima, Taman Tabanas (Gombel), Pantai Marina, dan Wahana Wisata Wonderia.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Elan Subilan mengatakan pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di empat lokasi yang menjadi pusat perayaan tahun baru tersebut. Untuk kawasan Simpang Lima sendiri sejumlah akses jalan akan ditutup mulai pukul 18.00 WIB.

Akses menuju kawasan Simpang Lima yang akan ditutup adalah Jalan Menteri Supeno di samping Taman KB, Jalan Tri Lomba Juang, Jalan Pandanaran di depan Toko Buku Merbabu, Jalan Pandanaran II, Jalan Gajah Mada di samping Mal Ciputra, Jalan KH Ahmad Dahlan diantara Mal Simpang Lima dan mal Ciputra, Jalan Ahmad Yani di depan SPBU, Jalan Imam Barjo di samping Ace Hardware dan di patung Diponegoro, serta Jalan Pahlawan di depan Mapolda Jateng.

"Untuk Jalan Thamrin hingga ke Jalan Mugas dibuka karena untuk lalu lalang. Kalau itu ikut ditutup bisa banyak yang protes," kata Elan di kantornya, Mapolrestabes Semarang, Jalan Dr Sutomo, Senin (31/12/2012).

Sementara itu untuk perayaan di Taman Tabanas akan dilakukan sistem buka tutup jalan mulai pukul 20.00-23.00. Jalan Setiabudi yang melewati Taman Tabanas akan dijadikan satu arah dari arah kota, sedangkan sebaliknya akan dialihkan seluruhnya melewati jalan Gombel Lama. Penutupan total akan dilakukan pukul 23.00-00.00.

"Kami menggunakan sistem buka tutup jalan hingga tutup total saat mendekati puncak perayaan. Oleh sebab itu masyarakat diharapkan turut menjaga ketertiban agar kondusif," tandas Elan.

Sedangkan perayaan tahun baru di Pantai Marina dan Wahana Wisata Wonderia tidak ada penutupan jalan, meski demikian masyarakat diharapkan tetap menjaga ketertiban lalu lintas agar tetap lancar. Elan menambahkan, pihaknya dibantu instansi terkait sudah menyiapkan kantong-kantong parkir di empat lokasi tersebut.

"Pengamanannya, kami akan melakukan razia mulai dari razia senjata tajam, bahan peledak, mercon, senjata api, minuman keras hingga narkoba," ujar Elan.

Dari data Biro Operasi Polrestabes Semarang, sejumlah 731 personil akan diturunkan untuk pengamanan di empat lokasi yaitu 413 personil di Simpang Lima, 132 pwersonil di kawasan Gombel, 105 personil di Pantai Marina dan 81 personil di wahana wisata Wonderia.

Jelang Penutupan Jalan Malioboro, Lalin Tersendat


Yogyakarta - Menjelang malam tahun baru, kawasan Malioboro, Yogyakarta akan ditutup bagi semua kendaraan mulai pukul 18.00 WIB. Malioboro hingga titik nol kilometer hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki. Penutupan ini dilakukan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas yang diperkirakan terjadi di kawasan paling ramai di Kota Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan, Senin (31/12/2012) pukul 12.00 WIB arus lalu lintas mulai padat merayap di Jl Suryotomo, Jl Mataram hingga gardu PLN belakang Hotel Inna Garuda. Juga lalu lintas di Jl Mangkubumi, Kleringan, Ahmad jazuli serta kawasan Gandekan hingga Pasar Kembang.

"Malioboro hingga titik nol kilometer khusus pejalan kaki. Arus lalu-lintas pada tahap I yang ditutup mulai pukul 18.00 WIB dari arah Jl Mangkubumi, Kleringan dan langsung diarahkan ke Jl Ahmad Jazuli Kotabaru," kata Kepala Satlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Bambang SW kepada wartawan disela-sela pemantauan di Jl Malioboro.

Setelah penutupan dan pengalihan arus lalu-lintas dari utara yakni Jl Mangkubumi dan Kleringan lanjut Bambang, jalur yang akan ditutup total mulai pukul 20.00 adalah Jl KH Ahmad Dahlan dan Jl Senopati menuju titik nol atau simpang empat Kantor Pos Besar. Di jl KH Ahmad Dahlan yang ditutup mulai simpang tiga RSU PKU Muhammadiyah. Sedangkan di jl Senopati mulai simpang empat Gondomanan.

"Di semua titik-titik jalan yang paling padat seperti Jl Brigjen Katamso, Simpang empat Ngampilan, Tugu Yogya, Jl Sudirman dan Jl Diponegoro akan selalu dijaga petugas sehingga arus lalu-lintas bisa terkendali dan terpantau," katanya.

Dia mengatakan kantong-kantong parkir juga telah disediakan di antaranya di Taman Parkir Ngabean, Taman Parkir Bank Indonesia di Jl Senopati dan Abu Bakar Ali. Namun bila kendaraan seperti bus wisata akan masuk setelah penutupan jalan, tetap tidak akan diperkenankan parkir di tempat tersebut.

"Bus wisata atau kendaraan umum bisa parkir di sekitar Bintaran dan Stadion Kridosono. Penumpang bisa jalan kaki bila tetap mau masuk Malioboro," katanya.

Lalu Lintas Bundaran HI Jelang CFN


Jakarta - Jakarta Night Festival untuk kali pertama tinggal beberapa jam lagi. Ruas jalan di kawasan Thamrin-Sudirman akan ditutup mulai sore nanti. Nah, jelang penutupan, arus lalu lintas di kawasan itu mulai padat.

Pantauan wartawan di Bunderan HI, Jakarta Pusat, Senin (31/12/2012) pukul 12.30 WIB, arus lalu lintas dari arah Jalan Sudirman menuju Bunderan HI padat merayap. Kepadatan arus kendaraan terjadi karena pengendara menghindari penutupan jalan Car Free Night.

"Ya kita mau merayakan tahun baru di sekitar sini, dari pada kena macet, mending saya jalan sekarang sama teman-teman," kata salah satu pengendara mobil bernama Eko saat melintasi Bunderan HI menuju Parkiran IRTI.

Sedangkan dari arah Jalan MH Thamrin menuju Sudirman melintasi Bunderan HI masih lancar, namun jumlah kendaraan juga sudah mulai meningkat. Untuk yang menuju arah Kebon Kacang dari Bunderan HI terpantau lancar, dan menuju ke arah Menteng pun masih terpantau lancar.

Sementara itu, sejumlah panggung di sepanjang Bunderan HI-Monas telah selesai didirikan, rata-rata panggung berukuran 8x18 meter hingga 10x15 meter. Sebagian panggung, seperti di depan Gedung BII, menutupi jalur motor di Jalan MH Thamrin.

Secara umum, arus lalu lintas di sekitar Bunderan HI masih lancar. Pengunjung yang akan meramaikan acara besutan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dalam menutup tahun 2012 di Bunderan HI juga belum begitu ramai.

3 Pemuda Tewas di Dalam Mobil di Pekanbaru


Pekanbaru - Tiga pria ditemukan tewas dalam mobil Toyota Corolla di Pekanbaru. Dugaan sementara mereka tewas karena keracunan udara dalam mobil.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar mengungkapkan hal itu dalam perbincangan, Senin (31/12/2012) di Pekanbaru. Adang menjelaskan, mobil tersebut terparkir di Jl Pangeran Hidayat sejak kemarin sore. Mobil ini terparkir di depan warung makan.

"Warga sejak kemarin sudah menaruh curiga, karena pemilik mobil tidak juga keluar. Akhirnya warga melapor ke kita untuk melihat apa yang terjadi dalam mobil tersebut," kata Adang.

Akhirnya pada Senin dini hari sekitar pukul 00.10 WIB, tim polisi datang ke lokasi. Mencoba untuk mengetuk kaca, tapi tidak ada jawaban. Lantas polisi memecah kaca mobil tersebut.

"Setelah berhasil kita pecahkan, ternyata tiga orang di dalam mobil ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa," kata Adang.

Adang menuturkan, mobil Toyota Corolla Altis bernomor polisi B 8742 GV. "Kalau kita lihat mereka ini kekelahan dan tertidur di dalam mobil. Mereka ini baru datang dari Jakarta yang kemudian tujuan ke Aceh," kata Adang.

Menurut Adang, pihaknya sudah mencoba melihat surat kendaraan. Diketahui kendaraan ini baru dibeli pada 22 Desember 2012 di Jakarta yang akan dibawa ke Aceh.

"Kita sudah menghubungi keluarga korban yang ada di Aceh. Mereka sekarang dalam perjalanan menuju Pekanbaru," kata Adang.

Adang menjelaskan, satu dari tiga pria nahas itu telah diketahui identitasnya. Yakni, sesuai dengan kartu identitas (KTP) yang dikantonginya, salah satunya bernama lengkap Syafrida Musa, dengan tempat dan tanggal lahir, Desa Meunasa Pulo, Sumatera Utara, tanggal 5 Januari 1970.

Jelang Pergantian Tahun Jakarta Lenggang


Jakarta - Senin (31/12/2012) ini merupakan hari terakhir di penghujung tahun 2012. Jalan-jalan di Jakarta yang biasanya dipadati  kendaraan, terlihat lengang.

Lengangnya jalan-jalan utama dan jalan tol di Jakarta sudah terlihat sejak pagi. Di jalan tol Tangerang-Kebun Jeruk dan Kebun Jeruk-Tomang misalnya, kendaraan yang lewat tidak sepadat biasanya. Padahal hampir setiap saat jalur ini dilanda kemacetan oleh kendaraan yang akan berangkat atau meninggalkan kawasan tersebut.

Situasi serupa juga ditemui di kawasan Slipi-Tanah Abang begitu pula sebaliknya terpantau lengang dan ramai lancar. Biasanya, kawasan tersebut selalu padat dengan kendaraan dan aktivitas perkantoran.

Sepinya jalanan juga terasa di Jalan MH Thamrin, Jalan Kebon Sirih, dan Jalan Menteng. Hanya terlihat beberapa sepeda motor dan kendaraan pribadi yang melintas.

Jalan Kompleks Perkantoran Amblas di Aceh

311212_6.jpg
Blangpidie - Ruas jalan lingkar di kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kawasan perbukitan Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, Sabtu (29/12) dini hari amblas. Panjang jalan yang amblas mencapai 50 meter dan kedalaman lebih dari satu meter.

Kondisi tanah labil akibat hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak sore, diduga kuat menjadi penyebab amblasnya badan jalan yang berjarak sekitar 100 meter dari Kantor DPRK Abdya, tepatnya di depan Kantor Mapolres.

Akibat peristiwa itu, arus lalu lintas di sepanjang jalur yang menghubungkan Kantor Bupati dengan Polres, KIP, Kejari, kantor Depag, Statistik itu terganggu, karena kondisi titik yang amblas itu sudah melebihi setengah ruas jalan. Untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan telah ditempatkan tanda di tengah jalan tersebut.

Ketua Komisi A DPRK Abdya, Reza Mulyadi SPdI di lokasi kejadian mengatakan, badan jalan tersebut sangat labil. “Selain menimbunan dasar badan jalan itu kurang padat, juga saluran untuk peresapan air tidak ada, karena kolam peresapan air sudah ditimbun untuk lahan pembangunan Kantor Pengadilan Negeri, sehingga ketika hujan badan jalan tersebut sangat mudah amblas, karena lokasi ini dulu tebing jalan saluran irigasi sayap kanan,” katanya.

Dikatakan, kerusakan jalan lingkar itu harus segera ditanggulangi agar tidak semakin meluas yang dapat berakibat transportasi di kompleks perkantoran itu terputus total. “Penanggulangan jalan itu tidak bisa dilakukan sepenggal-sepenggal, melainkan  dilakukan secara menyeluruh. Sebab sejumlah titik lainnya juga sudah mulai retak-retak,” ujarnya.

Reza Mulyadi menambahkan, dampak lain yang ditimbulkan dari jalan amblas tersebut adalah puluhan hektare areal persawahan masyarakat akan tertimbun. “Kita akan berkoordinasi dengan eksekutif tentang penanggulangan bencana alam tersebut,” katanya.(az)

Akan Ditanggulangi 2013

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Ir Much Tavip MM yang dihubungi, mengakui sudah mendapat laporan tentang jalan amblas itu. Bahkan pihaknya, juga sudah turun ke lokasi melihat langsung kondisi jalan tersebut.

Menurutnya, kerusakan jalan itu akan ditanggulangi tahun 2013, yakni setelah pengesahan APBK 2013. “Sudah kita programkan perbaikan jalan itu pada tahun 2013,”katanya.

Ditanya, apa penyebab amblasnya jalan sepanjang 50 meter di di depan Mapolres Abdya itu, Much Tavip, menjelaskan, amblasnya jalan tersebut disebabkan saluran pembuang (gorong-gorong di dasar jalan yang dibangun sekitar tahun 2003 itu sangat kecil, sehingga tidak mampu menampung air bah yang datang dari arah gunung.

“Jalan yang rusak itu akan dipotong untuk dipadatkan kembali, dan di dibawahnya dibangun saluran pembuang yang lebih besar,” kata Much Tavip.

Sore Ini Jalur Puncak Ditutup


Jakarta - Menjelang malam pergantian tahun petugas kepolisian terus mengatur arus lalu lintas dari dan menuju ke kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Pengaturan itu dilakukan karena banyak masyarakat yang menghabiskan malam tahun baru di lokasi wisata sejuk tersebut.

Berdasarkan informasi dari situs resmi TMC Polda Metro Jaya petugas kepolisian mulai menutup jalur menuju ke Puncak pada Senin(31/12/2012) pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB keesokan harinya.

Saat ini dilaporkan arus kendaraan menuju Puncak sudah ditutup oleh petugas. Pasalnya dikabarkan ada penumpukan kendaraan.

"Puncak saat ni dalam proses One Way arah ke Puncak.sementara ditutup di Gadog karena dalam proses penghabisan volume kendaraan dari atas," tulis situs TMC Polda Metro Jaya.

Banyak Jalan Berlubang di Jakarta Timur


Jakarta - Salah satu akibat dari tingginya intensitas hujan yang mengguyur Jakarta pada musim hujan akhir tahun 2012, membuat sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta Timur berlubang dan bergelombang. Akibatnya, 20 titik jalan yang rusak dan tergenang saat turunnya hujan.

Hasil pantauan wartawan di lapangan, jalan berlubang dan bergelombang tersebut diantaranya terlihat di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan DI Panjaitan, Jalan Mayjen Sutoyo, Jalan Dewi Sartika, Jalan Otista Raya, Jalan Raya Bogor, Jalan Perserikatan, dan Jalan Balai Pustaka. Kedalaman lubang bervariasi antara 5-20 sentimeter.

Keluhan terkait jalan yang berlubang di Jakarta Timur diungkapkan oleh Sugeng (37) warga Halim, Makasar, yang setiap harinya beraktifitas menggunakan sepeda motor.

Menurutnya lubang-lubang yang terdapat di ruas Jalan Otista, Jalan Dewi Sartika dan Jalan Raya Bogor sangat meresahkan.

"Saya juga pernah jadi korban lubang. Untung pelan, jadi enggak jatuh parah," keluhnya kepada wartawan, Minggu (30/12/2012) malam.

Pengendara motor lainnya, Bayu (28), warga Ciracas, mengatakan dirinya harus ekstra waspada setiap kali melintas di sekitar Jalan Raya Bogor, tepatnya di sekitar Pasar Induk, Kramat Jati. Pasalnya jika tertutup genangan, pengendara motor yang tak hafal medan berpotensi jatuh.

Dikonfirmasi terpisah, Kasat Lantas Wilayah Jakarta Timur, AKBP Supoyo mengatakan, kondisi jalan berlubang merupakan salah satu faktor tingginya kasus kecelakaan di jalan raya.

“Meski tidak ada yang tewas, tapi ada laporan beberapa kecelakaan akibat lubang-lubang tersebut,” ujar Supoyo.

Sayang dirinya tak menyebutkan data jumlah kecelakaan tersebut. Menurutnya, untuk mengantisipasi kecelakaan, pihak Satlantas Jakarta Timur berupaya menempatkan petugas di sejumlah titik tersebut.

Kecelakaan Libatkan KA Meningkat Pada 2012


Depok - Dalam laporan akhir tahunnya, Polres Kota Depok mencatat jumlah kecelakaan yang melibatkan kereta api meningkat cukup tajam di tahun 2012.

Menurut Kapolres Kota Depok, AKBP Achmad Kartiko jumlah kecelakaan yang melibatkan kereta api dengan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil meningkat cukup tajam karena memang di kota Depok cukup banyak persimpangan jalan yang dilalui kereta api ditambah dengan kurang tertibnya pengendara pada saat melalui pintu kereta.

"Kecelakaan akibat menerobos perlintasan kereta ada 30 kasus. Naik dari sebelumnya hanya 12 kasus di 2011. Memang ada cukup banyak perlintasan kereta di Depok," ujarnya dalam keterangan persnya, Senin(31/12/2012).

Sementara untuk kecelakaan lalu lainnya di jalan raya, ada 426 kasus kecelakaan mobil dan motor di kota Depok sepanjang tahun 2012, dari jumlah lecelakaan tersebut terdapat 38 korban meninggal dunia dan kerugian kateri Rp 368 juta.

Sementara itu, dari data tersebut juga terdata jalan-jalan yang cukup rawan kecelakaan dengan tingkat kecelakaan yang tinggi. Diantaranya adalah Jalan Raya Bogor dengan jumlah kecelakaan 77 kejadian, Jalan Margonda 57 kejadian, Jalan Raya Ciputat - Parung 44 kejadian, Jalan Juanda 24 kejadian, dan Jalan Raya Sawangan 1 kejadian.

LINTAS JALUR KALTIM LANCAR JELANG TAHUN BARU

Sangatta - Jalur lintas Kalimantan Timur wilayah utara yang menghubungkan Kota Samarinda, Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur, hingga Minggu (30/12) malam atau menjelang tahun baru 2013 lancar.

Berdasarkan pantauan, arus kendaraan dari Kutai Timur ke Kota Bontang hingga Samarinda, arus kendaraan begitu lancar meskipun sesekali terjadi tumpukan atau antrean kendaraan karena faktor jalan rusak dan berlubang di beberapa lokasi.

Khusus untuk jalur Kota Sangatta dan Kota Bontang yang berjarak sekitar 58 kilometer itu cukup lancar, dengan kondisi jalur jalan yang sudah cukup bagus, hanya dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 15 menit dengan kecepatan rata-rata 70 Kilometer per jam.

POLRES BIAK FOKUS PENGAMANAN KERAMAIAN TAHUN BARU


Biak - Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengerakan 2/3 jumlah personel fokus melakukan pengamanan tempat keramaian pesta malam pergantian tahun baru 1 Januari 2013 sepanjang Jalan Imam Bonjol, Biak.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Biak Kompol Syafei AB di Biak, Senin mengatakan, seratusan anggota Polres dari berbagai satuan akan disebar di lokasi perayaan acara malam pergantian tahun baru, tempat keramaian hingga gereja yang melaksanakan ibadah tutup tahun.

"Personel Polres Biak bersama aparat keamanan lain akan membantu lokasi kegiatan tempat pelaksanaan acara penyambutan tahun 2013," ucap Kompol Syafei.

Ia mengharapkan, semua warga Biak Numfor yang akan merayakan pesta tahun baru diharapkan menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan pesta penyambutan tahun baru 2013.

"Jajaran Polres Biak berharap prosesi pesta penyambutan pergantian tahun baru 2013 di wilayah hukum Polres Biak dapat berjalan aman, kondusif dan lancar hingga selesai," harap Kabag Ops Kompol Syafei.

Hingga H-1 malam pergantian tahun baru situasi kota Biak sekitarnya berlangsung kondusif dimana berbagai aktivitas warga seperti angkutan umum, pasar, pertokoan, pelabuhan laut dan bandara tetap beroperasi normal seperti biasanya.

JALAN PROTOKOL BIAK DIPENUHI PENJUALAN KEMBANG API

 

Biak- Kawasan sepanjang jalan protokol Imam Bonjol, Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua jelang malam pergantian tahun baru 1 Januari 2013 makin dipenuhi penjual kembang api dan terompet.

Hingga H-1 jelang malam pergantian tahun baru 2013, Senin, dilaporkan kawasan Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman, Selat Makassar, Jalan Airlangga eks pasar Inpres sudah dipadati puluhan pedagang api, petasan hingga terompet untuk menjual barang kebutuhan warga melepas kepergian tahun 2012.

Untuk harga jual kembang api dan petasan dijual bervariasi dari sekitar Rp5.000 hingga ratusan ribu per buah sesuai jenis bahan kembang api bersangkutan.

Sementara untuk harga jual terompet dengan berbagai variasi dijual berkisar Rp3.000 hingga Rp40 ribuan/buah disesuaikan dengan jenis bahan dan motif bentuk diinginkan pembeli.

Pesta penyambutan malam tahun baru 1 Januari 2013 untuk wilayah Biak sekitarnya akan dipusatkan di sepanjang Jalan protokol Imam Bonjol Kelurahan Fandoi Distrik Biak Kota.

MKG : Malam Tahun Baru Jatim Diperkirakan Hujan



Surabaya - Prakirawan Badan Meterorologi Klimatologi dan Geosifika (BMKG) Juanda, T Setyawan, Minggu, menyebut malam menjelang pergantian tahun baru di Jawa Timur diperkirakan diguyur hujan ringan hingga sedang.

Menurut Setyawan, hujan cukup merata di seluruh wilayah Jatim, sedangkan angin bertiup dari barat laut dengan kecepatan berkisar 0-30 kilometer per jam.

Hujan ringan diperkirakan akan mengguyur wilayah Malang, Madiun, Madiun, Pacitan, Bawean, Nganjuk dan Blitar, sedangkan Pasuruan, Banyuwangi, Sumenep dan Jember hujang sedang.

Kecelakaan di Surabaya Capai 1.119 Sepanjang 2012



Surabaya - Kondisi lalu lintas di Kota Surabaya masih tergolong rawan kecelakaan. Sebanyak 1.119 jumlah peristiwa kecelakaan sepanjang tahun 2012 bahkan mengakibatkan kerugian materi senilai lebih dari Rp 1 M.

Menurut data laka lantas sejak Januari hingga 22 Desember 2012, jumlah kejadian kecelakaan tahun ini tergolong konsisten dibanding tahun lalu. Namun, bila tahun 2011 jumlah laka mengakibatkan kerugian Rp 854.915.000, tahun ini kerugian materi mencapai Rp 1.004.635.000.

Dari data tersebut, juga tercatat ratusan korban kecelakaan. Sebanyak 306 korban meninggal dunia, 463 korban menderita luka berat dan 806 korban menderita luka ringan.

Hal tersebut dibenarkan Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Sabilul Alif. Menurutnya, meski jumlah kecelakaan tahun ini tidak meningkat dari tahun 2011 lalu, namun kerugian materi yang muncul cukup besar.

"Kerugiannya mencapai lebih dari Rp 1 M, meningkat bila dibanding tahun 2011 lalu," singkat AKBP Sabilul Alif.

Menurut data yang berhasil dihimpun detiksurabaya.com, selama tahun 2010 diketahui terjadi 711 peristiwa kecelakaan dengan kerugian materi Rp 577.919.000. Selama tahun 2011 ada 1.119 jumlah kecelakaan dengan kerugian materi Rp 854.915.000. Dan pada akhir tahun 2012 ini, tercatat ada 1.119 jumlah kecelakaan yang mengakibatkan kerugian materi senilai Rp 1.004.635.000.

Tangisan Keluarga Sambut Jenazah Korban Kecelakaan di Banyuwangi

 
 
Sidoarjo - Jenazah Maratus Sayidah Shofiyah (12) tiba di rumah duka disambut isak tangis keluarnya. Sementara kematian korban hingga kini belum diketahui orangtuanya. Pasalnya, baik Kasari Imam Bashori dan Suhartini masih menjalani perawatan di RSUD Blambangan, Banyuwangi.

Salah satu korban tewas korban kecelakaan di Jalan Raya Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi pukul 02.00 WIB, Minggu (30/12/2012), dibawa pulang ke rumahnya di Desa Anggaswangi Kec. Sukodono, Sidoarjo.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi pukul 02.00 WIB. Tiga kendaraan terlibat dalam peristiwa maut tersebut.

Kecelakaan melibatkan bus pariwisata CTV (PO Trans Utama) yang mengangkut rombongan dari SMU Bina Warga 2 Pelembang nopol AA 1699 DW. Dan bus PO Ardiansyah Silver class nopol B 7012 TGA membawa rombongan ziarah wali songo. serta Avanza bernopol DK 790 ES.

Tekan Kecelakaan, Polresta Pontianak Gelar Razia Gabungan

 

PONTIANAK - Jajaran Polresta Pontianak kembali melakukan razia gabungan. Kali ini razia digelar di Jalan Sultan Hamid 1 Kecamatan Pontianak Timur, Sabtu (29/12/2012) Malam. Selain kendaraan bermotor, petugas juga memeriksa kendaraan roda empat dan kendaraan roda enam.

Sasarannya kendaraan roda dua dari arah dalam kota. Untuk roda empat dan angkutan umum serta kendaraan roda enam dari arah luar kota. Dengan hasil tilang sebanyak 37. Barang bukti yang amankan petugas di antarnya SIM 15, STNK 15, kendaraan roda dua sebnayak tujuh unit.

Sebanyak 66 orang anggota yang dilibatkan dalam aksi ini. Di antaranya gabungan Sabhara sebanyak 34 anggota, anggota Lantas sebanyak 16 orang, Anggota Intel 6 orang, anggota Serse 3 orang dan Polsek Timur sebanyak 7 orang. 

Dari kegiatan tersebut tampak puluhan pengendara yang sengaja menghentikan kendaraannya maupun berbelok arah untuk menghinadri razia tersebut. Baik dari arah dalam kota maupun dari arah luar kota. Tidak sedikit pula kendaraan yang dihentikan petugas dan memeriksa kelengkapannya.

Dua Motor Tabrakan Telan 2 Korban Jiwa

 

Jakarta - Senin dini hari terjadi kecelakaan yang melibatkan dua sepeda motor di jalan Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Akibat kejadian tersebut, dua orang meninggal dunia.

Informasi dari TMC Polda Metro kejadian tersebut mengakibatkan korban meninggal sebanyak dua orang dan luka berat dua orang, Senin (31/12/2012), pukul 04.30 WIB.

Kecelakaan melibatkan sepeda motor dengan plat nomor B 6893 SYG dan B 6756 SDM. Hingga saat ini masih dilakukan penanganan oleh petugas.

Jadwal Rangkaian Car Free Night pada Malam Tahun Baru


Jakarta - Menyambut pergantian tahun di Jakarta dengan diselenggarakannya kegiatan pentas seni dan budaya bertajuk 'Jakarta Night Festival'. Penyelenggaraan acara tersebut dilakukan di sepanjang ruas protokol Sudirman-Thamrin dengan mengusung konsep car free night (bebas kendaraan pada malam hari).

Direncanakan di sepanjang ruas Jl Jenderal Sudirman-Thamrin mulai dari Bundaran Senayan hingga gedung Balaikota akan didirikan 16 panggung hiburan. Oleh sebab itu, di sepanjang ruas jalan tersebut akan dilakukan penutupan arus total mulai pukul 20.00 WIB.

Rangkaian penyelenggaraan pesta pergantian tahun akan dimulai dengan karnaval budaya yang akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya dari pelbagai komunitas dan pelajar. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan ikut serta dalam karnaval tersebut.

"Karnaval dimulai dari Balaikota sampai Bundaran HI sekitar 1 jam. Karnaval diikuti 2000 peserta yang terdiri dari komunitas-komunitas dan pelajar," kata Kepala Dinas Pariwisata Ari Budiman kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Berikut rangkaian acara car free night malam tahun baru di sepanjang Jl Jenderal Sudirman-Thamrin.

Senin, 31 Desember 2012

Pukul 14.00 WIB
Arahan (APP) personel yang terlibat pengamanan car free night malam tahun baru. APP dilakukan di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Pukul 15.00 WIB
Personel menempati pos masing-masing sesuai surat perintah. Pada jam ini, petugas penerangan lingkungan (penling) sudah menempati titik/simpang sesuai penugasannya masing-masing.

Pukul 16.00 WIB
Pembatasan kendaraan secara selektif yang akan melalui Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin

Pukul 18.00 WIB
Akses menuju Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin pada jalur cepat ditutup.

Pukul 19.00 WIB
Penutupan jalur cepat dan jalur lambat. Bagi tamu undangan atau pengunjung hotel yang melakukan kegiatan di hotel pada malam tahun baru masih diberi kesempatan untuk melintas secara selektif.

Pukul 20.00 WIB
Pelaksanaan car free night dimulai. Pada jam ini, ruas Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin di lajur cepat dan lambat ditutup total tanpa kecuali.

Senin, 1 Januari 2013

Pukul 01.00 WIB
Petugas Penling akan berpatroli sambil memberitahukan ke masyarakat bahwa pukul 02.00 WIB Jl Sudirman-Thamrin akan dibuka kembali.

Pukul 02.00 WIB
Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin diberlakukan normal kembali (dibuka untuk kendaraan). Traffic cone yang menutupi jalan akan dicabut.

Pukul 02.30 WIB
Petugas Penling atau Patwal menghimbau dan mendorong masyarakat untuk meninggalkan ruas Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin

BBM Channel

Anda Pengunjung Ke

Arsip Berita

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NTMC KORLANTAS POLRI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger